Home » layanan Publik » Walikota Diminta Siapkan Jabatan Fungsional Penataan Ruang
images

Walikota Diminta Siapkan Jabatan Fungsional Penataan Ruang

Makassar Peduli, Pelayanan Publik— Agar dapat mewujudkan ruang yang aman, nyaman, dan berkelanjutan demi mewujudkan misi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Idealnya Pemkot Makassar mampu meningkatkan profesionalitas dan kualitas aparat penyelenggara penataan ruang.

Sebab, jabatan fungsional penata ruang tidak hanya diperlukan pada level pemerintah pusat, melainkan Pemerintah Kota Makassar sudah harus menyiapkan tenaga profesionalnya yang cakap dan mandiri dalam bidang penataan ruang.

Demikian disampaikan pemerhati pembangunan kota Makassar, Suardi Hiong, Senin, 10 November, kemarin.

”Untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas aparat pemerintah, aparatur pemerintah ke depannya diarahkan untuk menjadi pejabat fungsional yang mandiri dan lebih profesional,” kata Suardi Hiong.

Sebagai pelaku dalam penyelenggaraan penataan ruang, Suardi menyadari bahwa tantangan penataan ruang yang dihadapi pemkot saat ini, dan ke depan akan semakin besar.

 “Dimana tantangan terbesarnya adalah mengurangi sekat yang besar antara kota dan daerah penyangga kota Makassar,”jelasnya.

Mantan legislator DPRD Kota Makassar ini menambahkan, tantangan lain yang dihadapi pemkot adalah kompetensi SDM aparatur bidang penataan ruang, seperti keterbatasan jumlah SDM dan kapasitas serta kompetensi aparatur penyelenggara bidang penataan ruang yang sangat beragam.

”Sebagaimana yang diamanatkan oleh undang–undang penataan ruang, penyelenggaraan penataan ruang merupakan tugas dan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Olehnya itu dalam penyelenggaraan penataan ruang untuk mendukung misi Walikota Makassar, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebagai instansi pembina kepegawaian daerah sangat penting untuk selektif menempatkan jabatan fungsional penata ruang kepada instansi yang menangani bidang penataan ruang,”ujar Suardi Hiong.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kota Makassar, Irwan Adnan, mengaku, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja jajarannya dalam bidang penataan, pengawasan dan kompetensi SDM yang dimilikinya saat ini.

 “Tantangan soal penataan ruang kedepan semakin berat ditengah terbatasnya jumlah SDM dan kesadaran berbagai pihak terkait masalah penataan dan pengawasan ruang di kota Makassar,”ucap Irwan Adnan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>